oleh

Lepas Peserta Workshop, Ini Pesan Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Ternate

Jazirah Indonesia, Ternate – Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP), H. Ruslan Mustafa melepas 18 peserta Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka, Jum’at, (9/6 /2023).

Kegiatan workshop akan dilaksanakan di Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dimulai pada 12-13 Juni 2023.

H. Ruslan dalam sambutannya menyampaikan, 18 peserta Workshop tersebut terdiri dari 16 tenaga pengajar pada SMPN 2 Kota Ternate bersama Kepala Sekolah (Kepsek) serta 1 pengawas manajerial.

Peserta tersebut lanjut H. Ruslan, merupakan duta pendidikan dengan almamater SMPN 2 Kota Ternate mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dalam hal ini Dinas Pendidikan.

Untuk itu, Dia berharap para peserta workshop ini nantinya akan menjadi tenaga-tenaga handal, dan dapat diandalkan dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka kedepannya.

“Ini merupakan satu kebanggaan yang luar biasa, karena workshop implementasi kurikulum merdeka ini baru pertama kali, diikuti oleh teman-teman tenaga pengajar SMPN 2 Kota Ternate,” pungkasnya.

Ruslan juga berharap kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan workshop ini dengan baik, sehingga sekembalinya dari tempat workshop nantinya dapat menjadi tolak ukur untuk SMP – SMP lainnya di Kota Ternate, serta dapat mendorong kemajuan pendidikan khususnya di SMPN 2 Ternate kedepan.

Sementara Kepsek SMPN 2 Kota Ternate, Nurhayati Pandawa, S.Pd, M.Pd, usai kegiatan pelepasan peserta megaku keberangkatan 18 peserta termasuk dirinya ini, merupakan inisiatif sendiri, tidak didanai oleh Pemkot melainkan dana sendiri dan atau swadana.

Meski begitu kata Hayati, sapaan akrab Nurhayati Pandawa, dengan adanya kegiatan ini pihaknya tetap mendapat dukungan penuh oleh Pemkot Ternate.

“Oleh sebab itu, secara pribadi atau pun kelembagaan selaku Kepsek, kami tetap bersyukur dan berterimakasih kepada Pemkot atas suportnya, terutama Dinas Pendidikan yang terus memberikan semangat kepada kami,” ucapnya.

Ia menambahkan, ada sejumlah kegiatan yang akan diikuti oleh peserta workshop di BPMP Provinsi DIY selama dua hari ini, secara keseluruhan ada 16 JP sesuai struktur program dan rundown kegiatan, yang telah dikirimkan oleh pihak BPMP DIY.

“Jadi ini merupakan bentuk kerjasama kami dengan pihak BPMP DIY, untuk penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya tenaga pengajar di SMPN 2 Ternate, yang nantinya menerapkan sistem implementasi kurikulum merdeka, pada tahun pelajaran 2023-2024 mendatang,” tutupnya.

Komentar