oleh

Prosesi Kololi Kie di Ternate, Pekan Budaya Kota Rempah

Jazirah Indonesia – Prosesi Kololi Kie Mote Ngolo atau mengelilingi Pulau melalui lautan, rangkaian kegiatan Pekan Budaya Kota Rempah di Ternate, Maluku Utara, Rabu (20/9/2023).

Kegiatan ini digelar Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XXI Maluku Utara dengan melibatkan perangkat adat Kesultanan Ternate dan masyarakat komunitas budaya.

banner 1200x500

Tema yang diangkat adalah “Irama Bumi Rempah” untuk melestarikan dan memajukan kebudayaan serta mempromosikan wisata sejarah di Maluku Utara.

Pada kegiatan BPK Wilayah XXI Maluku Utara dan perangkat adat Kesultanan Ternate kali ini, Speed Boat dan kapal nelayan mengawal Kesultanan Jailolo dan perangkat adat Kesultanan Ternate saat prosesi Kololi Kie Mote Ngolo atau mengelilingi Pulau Ternate melalui lautan.

Prosesi Kololi Kie Mote Ngolo, umumnya diawali dengan melakukan tawaf sebanyak tiga kali berturut diiringi pembacaan doa melalui imam Kesultanan Ternate.

Kesultanan dan pengikutnya menyinggahi sejumlah titik keramat di lautan. Kolili Kie umumnya merupakan pijakan dari leluhur empat kesultanan di Maluklu Utara.

Komentar