oleh

Launching Proper; Pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Halteng

Jazirah Indonesia – Launching proyek perubahan (Proper) dari peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dengan reformer Amria Dapi, dilakukan di Aula PKK Halmahera Tengah (Halteng), Kamis (25/05/2021).

Proper dari PKA angkatan ke VI tahun 2021 tersebut mengusung tema “Komunitas Penyandang Distabilitas Mandiri Bermartabat dan Sejahterah atau di singkat dengan “Kopi Dabe”.

banner 1200x500

Kegiatan launching yang juga menghadirkan para penyandang disabilitas ini, berorientasi pada upaya pemberdayaan dan peningkatan ketrampilan para penyandang disabilitas di Halmahera Tengah.

Kepala Dinas Sosial Halteng, Salmun Saha pada kesempatan ini mengatakan, kegiatan tersebut direncanakan akan melibatkan seluruh peserta, namun karena keterbatasan waktu sehingga tahap pertama masih dalam lingkup kota Weda.

“Kegiatan ini merupakan Proper dan keterbatasan waktu sehingga tahap pertama masih dalam lingkup kota Weda” ujar Salmun.

Proper ini kata Salmun, untuk upaya pemberdayaan difokuskan pada  penyandang distabilitas ringan, dengan tujuan membantu mereka dalam meringankan beban sebagai anggota keluarga.

Untuk penyandang distabilitas berat lanjutnya, yang sudah tidak bisa berbuat apa-apa, bantuannya bersifat komsumtif.

“Itu tentunya dengan dukungan anggaran untuk mereka, sehingga mereka memanfaatkan itu untuk tidak bergantung pada anggota masyarakat yang lain atau mandiri secara ekonomi”, jelas Salmun.

Harapan saya para penyandang disabilitas sambung Salmun, terpenuhi segala hak mereka sama seperti orang-orang lain yang sempurna secara fisik, keterbatasan tapi mereka mempunyai akses seperti kita.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh dinas terkait dalam hal ini Ketahanan Pangan, Perindakop, Bapeda dan Dukcapil Halmahera Tengah.

Reporter. : Bismar
penulis : Bismar
Editor. : Rizky Yakub

Komentar