oleh

Songsong HAN, Panti Anak Budi Sentosa Gelar Giat Bermain Bersama Anak

Jazirah Indonesia, Ternate Menyongsong peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 mendatang, Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara akan menggelar giat bermain bersama anak .

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan santunan dan buku tabungan pendidikan untuk anak-anak asuh PSAA Budi Sentosa dan Panti Anak lainnya di Maluku Utara pada hari minggu (17/7/2022) nanti.

banner 1200x500

Hal itu disampaikan Kepala PSAA Budi Sentosa, Susan E. Garusim, usai memimpin rapat persiapan kegiatan dan mendampingi penyiapan administrasi pembukaan rekening untuk 25 anak asuh yang belum  memiliki tabungan pendidikan anak pada Rabu (13/7) di Kantornya, Jalan Yos Sudarso Nomor 5 Kelurahan Stadion, Ternate Tengah.

Dalam arahanmnya, Susan mengharapkan agar kegiatan peringatan hari anak kali ini dapat mengkampanyekan dua hal.

Dua tersebut yakni, keceriaan dan kebahagian yang harus dimiliki oleh seluruh anak-anak Indonesia, termasuk anak-anak yang ada dalam Panti, serta perlu adanya perencanaan masa depan anak melalui tabungan Pendidikan.

“kita berharap semua anak-anak ini tumbuh dalam lingkungan yang dapat memberikan dukungan kepada aktivitas mereka, baik pendidikan maupun lingkungan sosial serta memberikan rasa aman dan kebahagiaan, dimanapun mereka berada” ungkap Susan.

Susan menambahkan, kegiatan yang rencananya dipusatkan di halaman Benteng  Oranye ini akan dimulai dengan jalan santai dari Panti ke Benteng Oranye setelah Sholat Subuh berjamaah.

Kemudian sambungnya, dilanjutkan dengan bermain beberapa permainan tradisional secara bersama dan senam kesegaran, dan dilanjutkan dengan penyerahan santunan dan buku tabungan.

“Kita juga akan mengajak anak-anak untuk menyapa dan berbagi dengan anak-anak lainnya yang beraktivitas di seputaran Pasar Gamalama, sehingga bisa di dapat pesan tumbuh bersama dalam keceriaan dan saling berbagi untuk masa depan yang lebih baik” jelas Susan.

Depan Masjid Shaaful Khairat Sofifi setelah kegiatan Wisata Edukasi dan Pelepasan Anak [Dok. PAA Budi Sentosa]
Dengan dibukanya tabungan anak, lanjut Susan, bagi donatur yang berkenaan bisa langsung memberikan santunan kepada anak-anak melalui rekening mereka masing-masing atau melalui rekening PESANt MU nanti diteruskan kepada mereka.

Susan berharap, tabungan ini akan menjadi tambahan biaya Pendidikan setelah keluar dari Panti atau menjadi modal usaha mereka jika tidak lagi melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi.

Senada, Wahyuni, Aparatur Sipil Negara (ASN) pada PSAA Budi Sentosa yang dipercaya sebagai Bendahara Pengelola Santunan Anak Terlantar Maluku Utara (PESANt-MU) mengatakan, untuk kegiatan hari anak, sudah disiapkan dana yang terkumpul dari berbagai kalangan untuk diserahkan kepada 5 panti anak serta tabungan pendikan untuk anak-anak asuh PSAA Budi Sentosa.

“Rencananya dana yang disalurkan adalah sebesar 34 juta sekian, yang rinciannya untuk 5 panti masing-masing 1 juta, pembukaan rekening untuk 25 anak masing-masing 100 ribu dan tabungan Pendidikan untuk 59 anak dengan masing-masing mendapat 300 ribu hingga 480 ribu rupiah”, jelas Wahyuni.

Wahyuni juga menyebutkan, penyaluran resmi santunan dari PESANt MU kepada anak-anak ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini.

Pada kegiatan halal bi halal lalu juga kata Dia, diberikapan santunan kepada anak-anak asuh dengan total santunan 9,5 juta.

Selain itu, ada juga kebutuhan pendidikan anak-anak dan pengembangan potensi diri yang tidak ada biayanya juga telah diberikan secara langsung kepada anak-anak panti dari santunan yang terkumpul.

“Alhamdulillah, kita merasa senang dan bersyukur, karena kegiatan ini juga ikut dirasakan oleh panti-panti swasta lainnya melalui tabungan pendidikan yang terkumpul dari hasil sumbangan para donatur” Ungkap Wahyuni.

Sementara itu, hadiah untuk pemenang permainan akan disiapkan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, Nurlaila Husin.

Kegiatan ini dikatakanya, akan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial, Pejabat Eselon III, Pejabat Eselon IV dan Pejabat Fungsional lingkup Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara serta seluruh Pengasuh di PSAA Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera.

Komentar