oleh

Konsep Kegiatan Happy Fun Diharapkan Meningkatkan Prestasi Anak Panti

Jazirah Indonesia, Ternate – “Ini kita hanya happy fun ya, happy sunday. Menjelang peringatan hari anak ini, kalian sebagai anak-anak bisa melakukan permainan dengan cara yang ceria dan bahagia. Pokoknya hari ini¸kita bermain sampai siang di taman benteng orange ini”

Demikian penyampaian Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, Nurlaila Husin saat memberikan sambutan pada puncak kegiatan menyongsong Hari Anak Nasional (HAN) oleh Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera bertempat di depan halaman Benteng Orange, Ternate, Minggu (17/7) pagi,

banner 1200x500

Nurlaila menambahkan, semoga melalui kegiatan dengan konsep ceria seperti ini, bisa menambahkan semangat belajar anak-anak, bisa meningkatkan prestasi anak-anak di bidang pendidikan maupun bidang lainnya, serta dapat menambah semangat dan kebahagiaan anak-anak selama tinggal dalam lingkungan Panti.

“Semoga anak-anak ku sekalian yang tinggal di panti ini semakin semangat dalam belajar, semakin rajin belajar untuk terus meningkatkan prestasi, baik presatasi di bidang pendidikan maupun dibidang lainnya” harap Nurlaila.

Penyerahan Hadiah untuk Pemenang Permainan Bersama Oleh Kabid Rehsos, Nurlaila Husin.

Senada dengan itu, Susan E. Garusim, Kepala PSAA Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera yang ditemui ditengah keceriaan mendampingi anak-anak bermain bersama menyebutkan bahwa anak-anak ini selama dipanti kita sering melakukan kegiatan yang sifatnya cukup serius.

Kegiatan tersebut lanjutnya, seperti kursus Bahasa Inggris, bimbingan belajar, pelajaran baca tulis Alquran dan kegiatan-kegiatan pembinaan dari Kantor Kementerian Agama Ternate serta kegiatan belajar di sekolah masing-masing, sehingga harapannya dengan kegiatan seperti ini bisa memberikan keleluasaan mereka untuk bermain.

“Kita berharap agar kegiatan bermain bersama ini, selain dapat menciptakan suasana keceriaan dan kegembiraan, dapat juga meningkatkan keakraban dan kebersamaan antara bapak ibu pengasuh dengan anak-anak asuh serta antara sesama anak-anak asuh, karena ada juga anak-anak yang baru bergabung dalam panti di bulan ini” jelas Susan.

Susan menambahkan, kegiatan yang mengambil tema “Bermain Bersama Anak Dalam Keceriaan; Rencanakan Tabungan Masa Depan Dalam Kebersamaan”.

Selain diisi dengan kegiatan bermain aneka permainan secara bersama-sama, pemberian buku tabungan pendidikan, juga dilanjutkan dengan pembagian makanan ringan untuk anak-anak yang bekerja sebagai pengangkat barang di Pasar Higienis Gamalama.

“karena ini dalam rangka menyambut hari anak, kita juga menyapa anak-anak yang menjadi tukang pikul di pasar. Selain anak yang tinggal di panti, ada banyak anak yang harus menjadi pekerja seperti ini untuk membantu keluargnya. Kita berharap ini menjadi kampanye bahwa banyak anak yang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak” ungkap Susan.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, Muhammad Ismail, menyebutkan bahwa persoalan anak terlantar hanyalah salah satu masalah kesejahteraan sosial yang harus mendapat perhatian pemerintah.

Sambungnya, ada banyak permasalahaan kesejahteraan sosial lainnya juga yang membutuhkan penanganan segera. Namun demikian, permasalahan anak terlantar ini menjadi salah satu perhatian serius.

“Pada prinsipnya kita sangat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh Panti Anak. Melakukan rehabilitasi sosial anak ini sangat membutuhkan upaya dan kerja sama dari berbagai pihak, untuk itu saya juga memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah menyalurkan santunannya pada anak-anak yang ada dalam panti ini. Mudah-mudahan santunan ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kelanjutan Pendidikan dan masa depan mereka setelah keluar dari panti” harap Muhammad.

Komentar