oleh

Saat Ki Jaga Rasa Bawa Merah Putih Menuju Istana

Jazirah Indonesia – Kirab budaya membawa Bendera Pusaka yang selama dua tahun berhenti akibat Covid-19 kembali digelar pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Nampak Sekretariat Presiden, Kereta Kencana Ki Jaga Rasa membawa Sang Saka Merah Putih dari Monas ke Istana Merdeka.

Kirab juga dimeriahkan marching band dari taruna Akademi Kepolisian dan Akademi Militer dari tiga matra TNI.

Selain itu, parade baju adat juga ditampilkan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang ikut dalam barisan kirab tersebut.

Sebagaimana tahun tahun sebelumnya, Kirab Bendera Pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Pada Kirab Bendera Pusaka tahun ini, giliran Irene Odelia Astono yang dipercaya sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana Negara.

Sementara Qyara, dipercaya sebagai pembawa teks proklamasi. Irene dan Qyara akan dibawa menggunakan kereta kencana.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

Ki Jaga Raksa Diberangkat Dari Subang

Sebelumnya, pada 11 Agustus lalu kereta kencana Ki Jaga Raksa di berangkatkan meunuju istana, Ki Jaga Raksa menjalani proses pelepasan terlebih dahulu dalam acara Lembur Pakuan Agustusan yang bertajuk ‘Ki Jaga Raksa Miang Ka Istana Negara’ atau Ki Jaga Raksa Pergi ke Istana Negara.

Dilansir dari TribunJabar, dalam acara yang dipimpin oleh anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, itu diiringi ribuan warga yang turut melepas keberangkatan Ki Jaga Raksa ke Istana Negara.

Prosesi pelepasan Ki Jaga Raksa diawali dengan penurunan Ki Jaga Raksa dari tempat penyimpanannya, Bale Pamanah Rasa.

Ki Jaga Rasa diberangkatkan

Pada kesempatan tersebut, para ibu memukulkan alu ke lesung, sedangkan para penari mulai bergerak menyambut kemunculan Ki Jaga Raksa.

Setelah rangkaian pelepasan dilakukan, Dedi Mulyadi menyerahkan kereta kencana Ki Jaga Raksa kepada Kogartap I/Jakarta yang akan mengawalnya selama perayaan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara.

Bukan kali ini saja Ki Jaga Raksa dipercaya untuk membawa Bendera Pusaka saat Upacara Kemerdekaan RI di Istana Negara namun sejak tahun 2014.

Bertepatan dengan pandemi Covid-19, kirab Bendera Pusaka dari Monas ke Istana terhenti. Kereta kencana dibuat pada tahun 2009 di Solo, Jawa Tengah, sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Pajajaran, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi.

banner 1200x500

Komentar